Saturday, September 26, 2015

Level 1 Pelaj. 7 – Komitmen

(Silakan free-download / unduh gratis Bahan ini dalam bentuk pdf (A4) pada tautan di akhir artikel ini!)

Lukas 14:25-26 – Pada suatu kali banyak orang berduyun-duyun mengikuti Yesus dalam perjalanan-Nya. Sambil berpaling Ia berkata kepada mereka: “Jikalau seorang datang kepada-Ku dan ia tidak membenci bapanya, ibunya, isterinya, anak-anaknya, saudara-saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.”

jesus_crowd“Pada suatu kali banyak orang berduyun-duyun mengikuti Yesus dalam perjalanan-Nya. Sambil berpaling Ia berkata kepada mereka …” (Lukas 14:25). Pada saat ini dalam pelayanan Yesus, ada banyak sekali orang yang mengikuti Yesus. Bahasa Indonesia tidak menyatakan hal ini, tetapi dalam bahasa Yunani, kalimat ini berada dalam suatu bentuk waktu tidak sempurna. Ini berarti bahwa pada saat ini, orang banyak yang berduyun-duyun mulai berulang-ulang dan terus menerus mengikuti Yesus. Mungkin karena mukjizat-Nya atau karena Dia memberi mereka makan, kita tidak tahu alasan yang tepat, tapi sangat banyak orang yang mengikuti-Nya. Pada saat inilah Yesus berbalik dan sengaja mengatakan sesuatu yang tampaknya telah menyebabkan banyak orang untuk berpaling dan tidak mengikuti-Nya lagi.

“Jikalau seorang datang kepada-Ku [yang berarti ingin pergi bersama-Ku, ingin menemani-Ku, ingin mengikuti-Ku, -ini adalah persyaratan] dan ia tidak membenci bapanya, ibunya, isterinya, anak-anaknya, saudara-saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.” (Lukas 14:26, tanda kurung saya). Saat saya membaca ayat itu, saya berpikir, Tuhan, Engkau tidak bisa bermaksud demikian. Apa sih arti dari kata “benci” itu? Ini mungkin berarti mencintai atau sesuatu seperti itu. Namun saat saya mulai belajar, saya menemukan bahwa kata itu secara harfiah memang berarti “benci.”

Yesus menggunakan kata terkuat yang mungkin ada untuk menekankan suatu pokok pemikiran. Dia mengatakan kecuali jika Anda membenci ayahmu, ibumu, kakakmu, kakakmu, bahkan hidup Anda sendiri, Anda tidak dapat menjadi murid-Nya. Saya ingin menanyakan Anda sesuatu: Apa hubungan paling dekat yang pernah Anda miliki di bumi ini? Itu adalah dengan ibu dan ayah atau pasangan dan anak-anak Anda. Apa yang terjadi jika istri Anda berubah sikap terhadap Anda dan menceraikan Anda, atau ayah dan ibumu meninggal? Siapa yang akan tetap bersama dengan Anda setelah itu? Itulah saudara-saudara Anda. Yesus berkata, kecuali jika Anda membenci mereka, Anda tidak dapat menjadi murid-Nya. Apa yang Dia sedang katakan ???

Yesus berbicara tentang hubungan-hubungan paling dekat yang kita akan pernah miliki. Ia sedang meminta komitmen dari Anda, suatu komitmen dimana Dialah yang unggul. Dia ingin menjadi nomor satu dalam hidup Anda. Dia akan membandingkan hubungan-Nya dengan Anda terhadap hubungan terdekat yang Anda miliki di bumi. “Benci” adalah suatu metafora, suatu kata perbandingan, dan Yesus sedang mengatakan, “Hubungan-Ku denganmu adalah sedemikian penting sehingga Aku ingin itu berada di atas semua hal-hal [hubungan] duniawi.”

Ada satu orang yang kau cintai lebih dari istrimu, anakmu, ibumu, ayahmu, atau saudarimu dan saudaramu. Apakah Anda tahu siapa itu? Itu bukan Tuhan. . . itu adalah Anda. Anda mencintai diri sendiri lebih dari pada orang yang Anda cintai dalam hubungan terdekat Anda. Mengapa pernikahan-pernikahan hancur? Mengapa orang-orang bercerai? Karena mereka mencintai diri mereka sendiri lebih dari mereka mencintai pasangan mereka. “Kamu tidak melaksanakannya seperti yang aku inginkan kamu laksanakan, jadi ku singkirkan saja kamu.”

Yesus berkata, ada satu hubungan yang di atasnya Aku ingin menjadi nomor satu – itulah kehidupan egois Anda sendiri. Dia sedang meminta kita untuk mengikuti-Nya. Dia sedang meminta untuk menjadi nomor satu dalam hidup kita. Inilah pemuridan yang benar.

Tambahan: Kita tidak akan pernah bisa membuat komitmen seperti ini tanpa iman, harap dan kasih yang kita terima dari Dia terlebih dahulu. “Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.” (1 Yoh 4:19) ”Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.” (Rm 5:5)

romans-55

♡ ✞ ♡

Pertanyaan-pertanyaan Pemuridan

1. Bacalah Lukas 9:57-62. Apa yang bagian ini ajarkan tentang tingkat komitmen di dalam mengikuti Kristus?

2. Bacalah Lukas 8:13-14. Mengapa beberapa orang tampaknya terjatuh atau berpaling dari iman Kristen?

3. Bacalah Yehezkiel 16:8. Tuhan menggunakan ilustrasi pernikahan untuk menggambarkan hubungan dengan umat-Nya. Menjadi kepemilikan siapakah seseorang dalam hubungan ini?

4. Bacalah 1 Korintus 6:19. Siapa yang memiliki Anda?

5. Bacalah 1 Korintus 6:20. Siapa yang memiliki tubuh Anda dan roh Anda?

6. Baca Yakobus 4:4. Dapatkah Anda melakukan perzinahan rohani terhadap Allah?

7. Apa yang akan merupakan perzinahan rohani di mata Allah? Lihatlah Roma 1:25

8. Bacalah Lukas 14:28-30. Yesus meminta komitmen Anda untuk menomorsatukan Dia dalam segala sesuatu, apakah Anda menghitung biaya untuk mengikuti Yesus? Apakah Anda ingin mengikuti-Nya?

*⁂*

Ayat-ayat Alkitab yang digunakan untuk Pertanyaan

Lukas 9:57-62 – “[57] Ketika Yesus dan murid-murid-Nya melanjutkan perjalanan mereka, berkatalah seorang di tengah jalan kepada Yesus: “Aku akan mengikut Engkau, ke mana saja Engkau pergi.” [58] Yesus berkata kepadanya: “Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya.” [59] Lalu Ia berkata kepada seorang lain: “Ikutlah Aku!” Tetapi orang itu berkata: “Izinkanlah aku pergi dahulu menguburkan bapaku.” [60] Tetapi Yesus berkata kepadanya: “Biarlah orang mati menguburkan orang mati; tetapi engkau, pergilah dan beritakanlah Kerajaan Allah di mana-mana.” [61] Dan seorang lain lagi berkata: “Aku akan mengikut Engkau, Tuhan, tetapi izinkanlah aku pamitan dahulu dengan keluargaku.” [62] Tetapi Yesus berkata: “Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah.””

Lukas 8:13-14 – “[13] Yang jatuh di tanah yang berbatu-batu itu ialah orang, yang setelah mendengar firman itu, menerimanya dengan gembira, tetapi mereka itu tidak berakar, mereka percaya sebentar saja dan dalam masa pencobaan mereka murtad. [14] Yang jatuh dalam semak duri ialah orang yang telah mendengar firman itu, dan dalam pertumbuhan selanjutnya mereka terhimpit oleh kekuatiran dan kekayaan dan kenikmatan hidup, sehingga mereka tidak menghasilkan buah yang matang.

Yehezkiel 16:8 – “Maka Aku lalu dari situ dan Aku melihat engkau, sungguh, engkau sudah sampai pada masa cinta berahi. Aku menghamparkan kain-Ku kepadamu dan menutupi auratmu. Dengan sumpah Aku mengadakan perjanjian dengan engkau, demikianlah firman Tuhan ALLAH, dan dengan itu engkau Aku punya.”.

1 Korintus 6:19 – “Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah,  —  dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?”

1 Korintus 6:20 – “Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!”

1-cor-6-20-webYakobus 4:4 – “Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.”

Roma 1:25 – “Sebab mereka menggantikan kebenaran Allah dengan dusta dan memuja dan menyembah makhluk dengan melupakan Penciptanya yang harus dipuji selama-lamanya, amin.”

Lukas 14:28-30 – “Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu? Supaya jikalau ia sudah meletakkan dasarnya dan tidak dapat menyelesaikannya, jangan-jangan semua orang yang melihatnya, mengejek dia, sambil berkata: Orang itu mulai mendirikan, tetapi ia tidak sanggup menyelesaikannya.”

 

            ♔  ✞ ♕

Pelajaran ini diterjemahkan dan diedit dari tulisan Don Krow, bagian dari

48 Pelajaran Dasar Kekristenan – Penginjilan Pemuridan Lengkap | Christ of Grace (http://ift.tt/1ISgZvn)

Nantikanlah serial pelajarannya setiap Sabtu!

Free Download / Unduh Bahan: Pemuridan – Level 1 Pelajaran 7.

Catatan: Oleh kasih karunia ini tidak untuk diperjualbelikan, hanya karena dan bagi Kristus. Jika Anda membutuhkan Kunci Jawaban, silakan Kontak saya di sini


No comments:

Sukai blog ini / Like this blog:

Popular Posts