Sunday, November 15, 2015

Level 1 Pelaj. 14 – Kuasa Kehidupan Yang Dipenuhi Roh Kudus

(Silakan free-download / unduh gratis Bahan ini dalam bentuk pdf (A4) pada tautan di akhir artikel ini!)

Markus 16:15-16 dikenal sebagai Amanat Agung. Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.” Dalam Kisah Para Rasul 8, ayat 5 dan 12, kita melihat bagaimana amanat ini dikerjakan melalui pemberitaan Filipus di Samaria. “Dan Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ. .. Tetapi sekarang mereka percaya kepada Filipus yang memberitakan Injil tentang Kerajaan Allah dan tentang nama Yesus Kristus, dan mereka memberi diri mereka dibaptis, baik laki-laki maupun perempuan.”

Pertanyaannya adalah, apakah orang-orang Samaria menjadi orang Kristen menurut Markus 16:15-16? Ya, mereka menjadi Kristen. Filipus pergi ke suatu kota di Samaria, memberitakan Yesus Kristus, dan melalui iman di dalam Kristus, mereka dibaptis, baik laki-laki dan perempuan. Menurut Amanat Agung, kita bisa mengatakan orang-orang ini diselamatkan, tetapi apakah mereka telah menerima baptisan Roh Kudus?

jesus-baptismAlkitab berbicara tentang Yohanes membaptis dalam air, tetapi hanya Yesus Kristus yang bisa membaptis dengan Roh Kudus. Menurut Alkitab, orang-orang itu percaya, diselamatkan, dan dibaptis air, tetapi mereka belum pernah menerima baptisan Roh Kudus. Kisah Para Rasul 8:14-17 mengatakan, “Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah, mereka mengutus Petrus dan Yohanes ke situ. Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus. Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorangpun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus. Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus.”

Kita bisa melihat dari ayat-ayat Alkitab itu bahwa hanya karena seseorang telah menjadi percaya, dibaptis, dan diselamatkan tidak berarti mereka telah menerima baptisan Roh Kudus. Roh Kudus telah datang ke dalam kehidupan mereka. Dalam Yohanes 20:22 kita melihat bahwa Roh Kudus me-regenerasi para murid, tapi hanya pada Hari Pentakostalah mereka dibaptis dengan Roh Kudus dan diberdayakan oleh Allah. Ada perbedaan antara kebangkitan Roh Kudus dalam keselamatan dan baptisan Roh Kudus ketika Dia datang memenuhi seorang individu. Ada suatu perendaman (ketenggelaman) dalam Roh Kudus yang datang kepada individu-individu dan memberdayakan mereka. Meskipun seseorang telah diselamatkan, itu tidak berarti mereka telah dibaptis dengan Roh Kudus.

Dalam Kisah Para Rasul 19:1-2 menyatakan, “Ketika Apolos masih di Korintus, Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman dan tiba di Efesus. Di situ didapatinya beberapa orang murid. Katanya kepada mereka: “Sudahkah kamu menerima Roh Kudus, ketika kamu menjadi percaya?” Akan tetapi mereka menjawab dia: “Belum, bahkan kami belum pernah mendengar, bahwa ada Roh Kudus.” Paulus berkata, “Apakah Anda sudah menerima Roh Kudus sejak Anda percaya?” Mereka berkata, “Kami tidak tahu apa-apa tentang Roh Kudus.” Kata Paulus, “Jika Anda tidak dibaptis dengan Roh Kudus ketika Anda percaya, dengan apa yang Anda dibaptis?” Mereka menjawab, “Kami dibaptis dengan baptisan Yohanes.” Saya percaya Paulus menjelaskan dengan lebih sempurna tentang Yesus sebagai Kristus (Mesias), dan orang-orang percaya ini kemudian diidentifikasikan dengan Yesus melalui baptisan air. Dalam ayat 6-7 dikatakan, “Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat. Jumlah mereka adalah kira-kira dua belas orang.”

Meskipun orang-orang ini adalah murid-murid yang percaya pada Mesias yang akan datang, mereka belum dibaptis dengan Roh Kudus. Seseorang bisa dilahirkan kembali dan dibaptis air tanpa dibaptis dalam Roh Kudus. Baptisan dalam Roh Kudus adalah pengalaman terpisah dan berbeda dari pengalaman dilahirkan kembali (catatan: walau keduanya bisa terjadi hampir bersamaan).

luke11_13Meskipun saya bisa membaptis orang dalam air, saya tidak bisa membaptis mereka dalam Roh Kudus; hanya Yesus yang dapat melakukan itu. Jika Anda belum pernah meminta Yesus untuk membaptis Anda dengan Roh Kudus, kenapa tidak Anda meminta-Nya sekarang? Lukas 11:13 mengatakan, “Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.” Kenapa Anda tidak meminta dari-Nya pada hari ini?

 

♡ ✞ ♡

Pertanyaan-pertanyaan Pemuridan

1. Bacalah Markus 16:16. Sekarang bacalah Kisah 8:5, 12. Apakah orang-orang yang digambarkan dalam Kisah Para Rasul 8:12 itu menjadi Kristen?

2. Bacalah Kisah 8:14-16. Apakah orang-orang ini telah menerima baptisan Roh Kudus?

3. Bacalah Kisah 19:1-5. Apakah mereka ini orang-orang percaya?

4. Bacalah Kisah 19:6-7. Apakah mereka telah menerima baptisan Roh Kudus?

5. Bacalah Lukas 11:13. Apa yang Lukas 11:13 katakan perlu kita lakukan untuk menerima Roh Kudus?

6. Bacalah 1 Korintus 14:2. Ketika seseorang berbicara dalam bahasa roh, apa yang mereka lakukan?

7. Bacalah 1 Korintus 14:14. Ketika seseorang berbicara dalam bahasa roh, apa yang sedang mereka lakukan?

8. Bacalah 1 Korintus 14:16-17. Ketika seseorang berbicara dalam bahasa roh, apa yang mereka lakukan?

9. Bacalah Kisah 2:4. Ketika seseorang berbicara dalam bahasa roh, apakah Roh Kudus yang berbicara atau individu pribadi itu yang berbicara?

10. Bacalah Kisah 2:4. Siapakah yang memberikan ucapan itu kepada orang itu?

 

* ⁂*

Ayat-ayat Kitab Suci untuk Digunakan terhadap Pertanyaan-pertanyaan

Markus 16:16 – “Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.”

Kisah Para Rasul 8:5, 12 – “[5] Dan Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ. [12] Tetapi sekarang mereka percaya kepada Filipus yang memberitakan Injil tentang Kerajaan Allah dan tentang nama Yesus Kristus, dan mereka memberi diri mereka dibaptis, baik laki-laki maupun perempuan.”

Kisah Para Rasul 8:14-16 – “[14] Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah, mereka mengutus Petrus dan Yohanes ke situ. [15] Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus. [16] Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorangpun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.”

Kisah Para Rasul 19:1-5 – “[1] Ketika Apolos masih di Korintus, Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman dan tiba di Efesus. Di situ didapatinya beberapa orang murid. [2] Katanya kepada mereka: “Sudahkah kamu menerima Roh Kudus, ketika kamu menjadi percaya?” Akan tetapi mereka menjawab dia: “Belum, bahkan kami belum pernah mendengar, bahwa ada Roh Kudus.” [3] Lalu kata Paulus kepada mereka: “Kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?” Jawab mereka: “Dengan baptisan Yohanes.” [4] Kata Paulus: “Baptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus.” [5] Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.”

Kisah Para Rasul 19:6-7 – “[6] Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat. [7] Jumlah mereka adalah kira-kira dua belas orang.”

Lukas 11:13 – “Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”

1 Korintus 14:2 – “Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah. Sebab tidak ada seorangpun yang mengerti bahasanya; oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia.”

1 Korintus 14:14 – “Sebab jika aku berdoa dengan bahasa roh, maka rohkulah yang berdoa, tetapi akal budiku tidak turut berdoa.”

1 Korintus 14:16-17 – “[16] Sebab, jika engkau mengucap syukur dengan rohmu saja, bagaimanakah orang biasa yang hadir sebagai pendengar dapat mengatakan “amin” atas pengucapan syukurmu? Bukankah ia tidak tahu apa yang engkau katakan? [17] Sebab sekalipun pengucapan syukurmu itu sangat baik, tetapi orang lain tidak dibangun olehnya.”

Kisah Para Rasul 2:4 – “Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.”

acts 2v4

♔  ✞ ♕

Pelajaran ini diterjemahkan dan diedit dari tulisan Don Krow, bagian dari 48 Pelajaran Dasar Kekristenan – Penginjilan Pemuridan Lengkap | Christ of Grace.

Nantikanlah serial pelajarannya setiap Sabtu!

Free Download / Unduh Bahan: Pemuridan – Level 1 Pelajaran 14.

Catatan: Oleh kasih karunia ini tidak untuk diperjualbelikan, hanya karena dan bagi Kristus. Jika Anda membutuhkan Kunci Jawaban, silakan Kontak saya di sini


No comments:

Sukai blog ini / Like this blog:

Popular Posts