Saturday, November 21, 2015

Level 1 Pelaj. 15 – Cara Menerima Roh Kudus

(Silakan free-download / unduh gratis Bahan ini dalam bentuk pdf (A4) pada tautan di akhir artikel ini!)

Kita akan berbicara hari ini tentang bagaimana menerima Roh Kudus. Kisah Para Rasul 10:1 mengatakan, “Di Kaisarea ada seorang yang bernama Kornelius, seorang perwira pasukan yang disebut pasukan Italia.” Ini adalah suatu pangkat militer, mungkin kapten yang membawahi suatu resimen. Ayat 2 melanjutkan, “Ia saleh, ia serta seisi rumahnya takut akan Allah dan ia memberi banyak sedekah kepada umat Yahudi dan senantiasa berdoa kepada Allah.” Dia adalah orang benar, melakukan hal-hal yang benar, takut akan Allah, memberi banyak sedekah kepada orang-orang yang membutuhkan, dan Alkitab mengatakan ia selalu berdoa kepada Tuhan. Tapi kita akan mengetahui, dan ini akan menjadi luar biasa, bahwa meskipun ia melakukan hal yang benar, meskipun ia takut akan Allah, dan memiliki kehidupan doa, ia tidak memiliki hubungan pribadi dengan Tuhan melalui Yesus Kristus.

Dikatakan dalam ayat 3-6, “Dalam suatu penglihatan, kira-kira jam tiga petang, jelas tampak kepadanya seorang malaikat Allah masuk ke rumahnya dan berkata kepadanya: “Kornelius!” Ia menatap malaikat itu dan dengan takut ia berkata: “Ada apa, Tuhan?” Jawab malaikat itu: “Semua doamu dan sedekah[pemberian]mu telah naik ke hadirat Allah dan Allah mengingat engkau. Dan sekarang, suruhlah beberapa orang ke Yope untuk menjemput seorang yang bernama Simon dan yang disebut Petrus. Ia menumpang di rumah seorang penyamak kulit yang bernama Simon, yang tinggal di tepi laut.”” (tanda kurung dari saya).

1426772725_thumb__794128_KingdomAdventuresThumbnailOrang ini, meskipun ia takut akan Allah, seorang yang benar sebagaimana ia melakukan hal-hal yang benar, dan memiliki kehidupan doa di hadapan Allah, kepadanya telah diutus seorang malaikat yang menyuruhnya untuk mengutus orang kepada Simon Petrus, orang yang akan mengatakan kepadanya apa yang harus ia lakukan. Kita melihat dalam Kisah Para Rasul 10:43 apa yang diperintahkan kepada Petrus untuk diberitakan kepadanya: “Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya [melalui nama Tuhan Yesus].” (tanda kurung dari saya). Bukankah ini luar biasa? Orang yang telah melakukan semua hal-hal ini untuk kebaikannya ini tidak memiliki hubungan pribadi dengan Allah melalui pribadi Yesus Kristus. Tuhan berkata, “Segala sesuatu yang kamu lakukan itu luar biasa, indah, dan menjadi suatu peringatan di hadapan-Ku, tapi Aku beritahukan padamu apa yang akan Aku lakukan. Aku sudah mengirim malaikat turun untuk menyuruhmu mengutus orang kepada seorang pria bernama Petrus, dan dia akan memberitahumu apa yang harus kamu lakukan.” Dalam Kisah Para Rasul 10:43, ketika Petrus pergi ke rumah Kornelius, ia berkata, “bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya [Tuhan Yesus Kristus], ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya.”(tanda kurung dari saya).

Sekarang lihatlah apa yang terjadi di sini. “Ketika Petrus sedang berkata demikian, turunlah Roh Kudus ke atas semua orang yang mendengarkan pemberitaan itu.” (Kisah Para Rasul 10:44). Kornelius menerima karena ia telah mendengarkan iman di dalam Kristus, dan ia menaruh imannya dalam Kristus untuk pengampunan dosa-dosanya. Begitu ia melakukannya, Roh Kudus turun ke atas dia dan semua orang yang ada di rumah itu. Dikatakan dalam ayat 45, “Dan semua orang percaya dari golongan bersunat yang menyertai Petrus, tercengang-cengang, karena melihat, bahwa karunia Roh Kudus dicurahkan ke atas bangsa-bangsa lain juga,” Bagaimana mereka mengetahuinya? “sebab mereka mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh dan memuliakan Allah.” (ayat 46).

Setiap kali Roh Kudus turun ke atas seorang individu dalam Perjanjian Baru, suatu karunia Roh Kudus bermanifestasi dan memberikan bukti bahwa mereka telah menerima kepenuhan Roh. Dalam Perjanjian Baru, mereka biasanya berbicara dalam bahasa roh atau bernubuat.

Saya berlutut saya pada satu malam di sebuah lapangan di Dallas, Texas, dan berkata, “Tuhan, saya tidak tahu tentang semua hal berbicara dalam bahasa roh dan baptisan dalam Roh Kudus yang orang bicarakan ini, tetapi jika ada cara saya bisa memuji-Mu, cara saya dapat memuliakan-Mu, cara saya bisa melampaui bahasa Inggris manusiawi saya, saya menginginkannya. Saya mulai menyembah Tuhan, dan selagi saya melakukannya, Roh Kudus memberi saya suatu bahasa, ucapan-ucapan yang saya tidak pernah tahu atau pelajari. Alkitab mengatakan dalam Kisah 2:4, “Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.” Siapa yang berbicara? Mereka yang berbicara. Siapa yang memberikan ucapan-ucapan? Roh Kudus.

Lukas 11:13 mengatakan, “Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.” Semua yang harus Anda lakukan sekarang adalah meminta, percaya bahwa Anda menerima, menyerahkan diri kepada Allah, mulai menyembah Tuhan, dan Dia akan memberikan Anda ucapan-ucapan untuk menyembah dan memuji Dia [dan berdoa] dalam suatu bahasa yang Anda tidak pernah pelajari.

2015.05_CoverNoText

♡ ✞ ♡

Pertanyaan-pertanyaan Pemuridan

1. Jelaskanlah beberapa istilah yang Alkitab gunakan untuk keselamatan.

2. Bacalah Kisah 11:15. Bagaimana ayat ini menggambarkan pengalaman baptisan Roh Kudus?

3. Murid-murid Yesus telah menerima Roh Kudus (Yohanes 20:22), tapi beberapa hari kemudian barulah mereka benar-benar dibaptis dengan Roh Kudus (Kisah Para Rasul 2:1-4). Lihatlah dan bandingkanlah fakta-fakta ini (Yohanes 20:22 dan Kis 2:1-4).

4. Bacalah Kisah 1:8. Apakah tujuan dari baptisan Roh Kudus?

5. Bacalah Kisah 2:38-39 dan 1 Korintus 1:7. Apakah baptisan Roh Kudus adalah juga bagi kita hari ini?

6. Bacalah Lukas 11:13. Jika Anda belum menerima baptisan dengan Roh Kudus, apa yang harus Anda lakukan sekarang?

7. Bacalah Kisah 2:4. Maukah Anda meminta, menerima, berbicara dan menyembah Tuhan dalam bahasa doa yang Allah berikan kepada Anda?

 

* ⁂*

Ayat-ayat Kitab Suci untuk Digunakan terhadap Pertanyaan-pertanyaan

Yohanes 3:3 – “Yesus menjawab, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.””

Kisah 3:19 – “Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan,”

Markus 16:16 – ” Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.”

Kolose 2:13 – “Kamu juga, meskipun dahulu mati oleh pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan Dia, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita,”

Roma 8:9 – “Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.”

Matius 25:46 – “Dan mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar ke dalam hidup yang kekal.”

Kisah 11:15 – “Dan ketika aku mulai berbicara, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, sama seperti dahulu ke atas kita.”

Yohanes 20:22 – “Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: “Terimalah Roh Kudus.”

Kisah Para Rasul 2:1-4 – “[1] Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat. [2] Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; [3] dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. [4] Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.”

Kisah Para Rasul 1:8 – “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Kisah Para Rasul 2:38-39 – “[38] Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. [39] Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita.””

1 Korintus 1:7 – “Demikianlah kamu tidak kekurangan dalam suatu karuniapun sementara kamu menantikan penyataan Tuhan kita Yesus Kristus.”

Lukas 11:13 – “Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”

Kisah Para Rasul 2:4 – Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.”

 

♔  ✞ ♕

Pelajaran ini diterjemahkan dan diedit dari tulisan Don Krow, bagian dari 48 Pelajaran Dasar Kekristenan – Penginjilan Pemuridan Lengkap | Christ of Grace

Nantikanlah serial pelajarannya setiap Sabtu!

Free Download / Unduh Bahan: Pemuridan – Level 1 Pelajaran 15.

Catatan: Oleh kasih karunia ini tidak untuk diperjualbelikan, hanya karena dan bagi Kristus. Jika Anda membutuhkan Kunci Jawaban, silakan Kontak saya di sini


No comments:

Sukai blog ini / Like this blog:

Popular Posts