Sunday, October 4, 2015

Level 1 Pelaj. 8 – Baptisan Air

(Silakan free-download / unduh gratis Bahan ini dalam bentuk pdf (A4) pada tautan di akhir artikel ini!)

Pertanyaan: “Saya perlu tahu apakah Anda harus dibaptis untuk bisa pergi ke surga. Saya mengasihi Tuhan dan telah dibaptis ketika berumur tujuh tahun. Sekarang saya 18 tahun, dan seseorang dari satu gereja non-denominasional berkata kepada saya bahwa tidak seorang pun yang bisa diselamatkan dan dibaptis pada umur sedemikian muda. Mereka juga berkata bahwa jika kita harus dibaptis untuk bisa masuk surga, tetapi keluarga Baptis saya berkata tidak demikian. Saya hanya mau ke surga. Saya hidup untuk Tuhan dalam segala cara yang saya bisa, tetapi saya perlu mengetahui apakah saya harus dibaptiskan lagi sekarang dimana saya dianggap sudah cukup berusia untuk dibaptis. Tolong bantu saya secepat mungkin. Tuhan memberkati dan terima kasih.”

Respons: Keselamatan dan pengampunan dosa diberikan dengan cuma-cuma sebagai suatu karunia melalui iman dalam Yesus Kristus. Kis 10:43 menyatakan: “Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya.” Keselamatan datang melalui iman; yaitu kepercayaan dan ketergantungan kepada Yesus dan darah-Nya yang telah dicurahkan untuk memberikan kepada Anda suatu posisi benar di hadapan Allah. Dalam Kisah Para Rasul 10:44-48, Roh Kudus diberikan kepada orang-orang percaya (itu mengkonfirmasikan keselamatan mereka) sebelum mereka dibaptis.acts-10-43

Meskipun hal ini benar, di saat-saat lain tampaknya pengampunan dosa itu terjadi pada saat baptisan (Kisah Para Rasul 2:38). Hal ini karena baptisan adalah suatu ekspresi atau tindakan iman yang dilakukan pada saat itu dimana seseorang berpaling kepada Yesus dalam pertobatan dan iman (Markus 16:16 mengatakan, “Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum”). Itu juga adalah suatu cara meminta kepada Tuhan suatu hati nurani yang bersih (Kis 22:16 dan 1 Pet. 3:21).

Jika Anda benar-benar berbalik kepada Yesus dari hati Anda pada usia tujuh dan dibaptis, Allah menerima iman anak-anak Anda itu. Baptisan memang memiliki persyaratan. Satu persyaratannya adalah pertobatan. Apakah Anda memiliki suatu perubahan hati dan perubahan pikiran yang mengakibatkan Anda berbalik dari dosa kepada Yesus dan pengampunan-Nya (Kisah Para Rasul 2:38, 20:21, dan 17:30)? Apakah Anda memang menjalankan iman kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat (Markus 16:16, Yohanes 3:16, dan Rom 10:9-10)? Jika tidak, maka berpalinglah kepada Yesus sekarang, bertobatlah dari dosa-dosa Anda, berpalinglah kepada kasih karunia-Nya untuk mengampuni Anda, dan meteraikanlah keputusan untuk mengikuti-Nya itu melalui baptisan air.

Baptisan adalah tindakan yang mengekspresikan iman seseorang dalam Yesus. Tanpa iman, tindakan itu tidak berarti apa-apa. Orang-orang yang berpaling kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat bersedia untuk mengekspresikan iman itu dan secara terbuka mengakui Yesus kepada publik dengan cara ini. Orang-orang yang mengatakan “tidak” kepada perintah Yesus menunjukkan, sampai pada batas tertentu, suatu iman yang mati. Iman mati ketika orang tidak mau mengekspresikannya (Yakobus 2: 18-19). Iman sajalah yang menyelamatkan, tetapi iman yang menyelamatkan tidak pernah berhenti di situ. Iman itu selalu mau mengekspresikan dirinya sendiri. Baptisan adalah cara untuk mengekspresikan iman itu. Baptisan tidak menyelamatkan; yang menyelamatkan adalah Yesus. Air tidak mencuci dosa; yang mencuci dosa adalah darah Yesus. Namun iman memberlakukan darah-Nya kepada Anda, dan kadang-kadang iman itu dinyatakan pada saat seseorang dibaptis (Kis 22:16). Pertanyaannya adalah, apakah Anda memang bertobat? Apakah Anda memang percaya kepada-Nya (Yesus)? Jika demikian, mengapa Anda menunda-nunda – bangkitlah dan berilah diri dibaptis!

Jesus-Baptism-mural

♡ ✞ ♡

Pertanyaan-pertanyaan Pemuridan

1. Apa pertanyaan yang anak muda itu tanyakan?

2. Menurut Kisah Para Rasul 10:43, bagaimana keselamatan datang kepada kita?

3. Baptisan adalah suatu ekspresi iman yang biasanya terjadi pada saat keselamatan. Bagaimana Kisah Para Rasul 2:38 mengungkapkan kebenaran ini?

4. Bagaimana Markus 16:16 menyatakan kebenaran ini?

5. Baptisan adalah suatu cara berseru kepada Tuhan. Bagaimana Kis 22:16 mengungkapkan kebenaran ini?

6. Baptisan adalah cara untuk meminta kepada Tuhan suatu hati nurani yang bersih. Apakah 1 Petrus 3:21 mengkonfirmasi kebenaran ini?

7. Apakah persyaratan untuk pembaptisan, menurut Kisah Para Rasul 2:38?

8. Apakah persyaratan untuk pembaptisan, menurut Markus 16:16?

9. Dapatkah seorang bayi bertobat?

10. Dapatkah seorang bayi percaya?

11. Bacalah Kisah 10:43-48. Apa langkah selanjutnya, setelah iman di dalam Kristus, yang seorang percaya harus ambil?

 

*⁂*

Ayat-ayat Kitab Suci untuk Digunakan terhadap Pertanyaan-pertanyaan

Kisah 10:43 – “Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya.”

Kis 2:38 – “Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.”

Mark 16:16 – “Dia yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan; tapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.”

image_thumb8Kisah 22:16 – “Dan sekarang, mengapa engkau masih ragu-ragu? Bangunlah, berilah dirimu dibaptis dan dosa-dosamu disucikan sambil berseru kepada nama Tuhan!”

1 Petrus 3:21 – “Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan  —  maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah  —  oleh kebangkitan Yesus Kristus,

Kisah Para Rasul 10:44-48 – [44] Ketika Petrus sedang berkata demikian, turunlah Roh Kudus ke atas semua orang yang mendengarkan pemberitaan itu. [45] Dan semua orang percaya dari golongan bersunat yang menyertai Petrus, tercengang-cengang, karena melihat, bahwa karunia Roh Kudus dicurahkan ke atas bangsa-bangsa lain juga, [46] sebab mereka mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh dan memuliakan Allah. Lalu kata Petrus: [47] “Bolehkah orang mencegah untuk membaptis orang-orang ini dengan air, sedangkan mereka telah menerima Roh Kudus sama seperti kita?” [48] Lalu ia menyuruh mereka dibaptis dalam nama Yesus Kristus. Kemudian mereka meminta Petrus, supaya ia tinggal beberapa hari lagi bersama-sama dengan mereka.”

 

♔  ✞ ♕

Pelajaran ini diterjemahkan dan diedit dari tulisan Don Krow, bagian dari

48 Pelajaran Dasar Kekristenan – Penginjilan Pemuridan Lengkap | Christ of Grace (http://ift.tt/1ISgZvn)

Nantikanlah serial pelajarannya setiap Sabtu!

Free Download / Unduh Bahan: Pemuridan – Level 1 Pelajaran 8.

Catatan: Oleh kasih karunia ini tidak untuk diperjualbelikan, hanya karena dan bagi Kristus. Jika Anda membutuhkan Kunci Jawaban, silakan Kontak saya di sini


No comments:

Sukai blog ini / Like this blog:

Popular Posts